Upacara Hardiknas, Mahasiswa Hadir Berjas Orange

Upacara bendera Hardiknas di depan Kantor Bupati TTU

Mahasiswa STP St. Petrus Keuskupan Atambua mengenakan jas kampus berwarna orange, menghadiri Upacara Bendera Hari Pendidikan Nasional (Hardiknas) di depan Kantor Bupati Timor Tengah Utara. Upacara ini dipimpin langsung oleh Bupati Timor Tengah Utara, Drs. Juandi David . Apacara akbar yang bertemakan ” Bergerakn Bersama Semarakkan Merdeka Belajar,” ini berlangsung pada Hari Selasa (2/02/2023).

Hadir pula Wakil Bupati TTU, Drs Eusebius Binsasi, Forkopimda, Pimpinan Perguruan Tinggi, Camat Kota Kefamenanu, para tokoh pendidikan, para kepala sekolah, guru, mahasiswa, siswa/i SD-SMP dan SMA dan berbagai unsur lain yang terkait.

Dalam amanatnya, Bupati TTU membacakan sambutan Menteri Pendidikan, Kebudayaan, Riset dan Teknologi Republik Indonesia, Nadiem Makarim. Beliau mengatakan, “Anak-anak kita sekarang sudah bisa belajar dengan lebih tenang karena aktivitas keberanian mereka di bidang wirausaha lebih produktif.”

Lebih lanjut beliau mengatakan, “Sekarang dengan adanya pemberlakuan Kurikulum Merdeka Belajar yang menekankan pembelajaran mendalam untuk mengedepankan karakter dan kompetensi seleksi masuk Perguruan Tinggi sekarang fokus pada mengukur kemampuan literatur dan penalaran. Pada jenjang Perguruan Tinggi adik-adik mahasiswa yang dulu hanya belajar teori dalam kelas, sekarang bisa melanglang buana mencari pengetahuan dan pengalaman di luar kampus dengan hadirnya program-program Kampus Merdeka.”

Suasana sesudah upacara bendera (Dokpri)

Beliau juga menekankan bahwa, ” Hari Pendidikan Nasional tahun ini adalah waktu yang tepat bagi kita semua untuk merefleksi kembali setiap tantangan yang sudah dihadapi untuk setiap jengkal langkah berani yang sudah diambil. Dengan merefleksikan hal-hal yang sudah kita lakukan selama tiga tahun terakhir kita dapat merancang arah perjalanan kita ke depan guna menjaga keberlangsungan dan keberlanjutan Merdeka Belajar.”
Upacara bendera ini dimeriahkan oleh paduan suara dari SMKS Katolik St. Pius X Kefamenanu yang menyanyikan Lagu Indonesia Raya dan juga lagu-lagu daerah lainnya. Selesai upacara, diadakan berbagai atraksi tarian budaya dari beberapa SD di seputaran Kota Kefamenanu guna memeriahkan Hari Pendidikan Nasional tahun ini.

Para mahasiswa STP St Petrus Keuskupan Atambua

Untuk diketahui, utusan mahasiswa STP St. Petrus Keuskupan Atambua yang menghadiri Upacara Bendera tersebut sebanyak lima orang yakni Redem Maneno, John Nanis, Raden Naikteas, Chany Seran dan Mensy Lau

Kristo Ukat

Leave a Reply

Your email address will not be published. Required fields are marked *